3 Cara Cerdas Atur Uang Ini Bisa Bikin Mahasiswa Jago Menabung!

kirim-uang
Kirim Uang

Atur uang dengan bijak menjadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan demi masa depan yang lebih baik.

Meski terlihat sepele, masih banyak orang belum bisa mengatur keuangan dengan baik, sehingga berujung pada tumpukan utang yang membuat hidupnya susah berkepanjangan.

Karena itu, kali ini kami ingin memberikan cara cerdas atur uang yang tepat buat kamu anak kuliahan. Meski belum memiliki penghasilan sendiri dan hanya mengandalkan uang saku dari orangtua, bukan berarti kamu gak bisa menabung dan berinvestasi ya!

Lalu, bagaimana caranya? Yuk, langsung simak pemaparannya di sini:

1. Buat pos-pos anggaran

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah, melakukan pos-pos anggaran saat mendapatkan uang saku di awal bulan.

Karena masih kuliah, untuk keperluan bulanan seperti sabun, sampo dan keperluan make up biasanya masih ditanggung sama orangtua. Nah, kamu bisa membagi-bagi uang sakunya untuk ongkos, makan, fotokopi dan keperluan lainnya.

Gimana kalau uang jajannya diberikan setiap hari, bukan bulanan atau mingguan? Tenang, bisa kok!

Kamu tetap harus membaginya untuk ongkos dan makan juga. Sisanya, bisa kamu masukkan celengan. Ya, kembali ke masa-masa kecil lagi.

2. Hemat ongkos dan makan

Agar punya uang lebih, kamu harus bisa menghemat sendiri untuk ongkos dan makan. Bagaimana solusinya?

Kalau selama ini kamu mengeluarkan uang Rp 25 ribu setiap hari buat ongkos naik ojek online dan Rp 25 ribu untuk makan dan jajan, agar uangmu masih tersisa, salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mengurangi pengeluaran untuk dua hal tersebut.

Kamu bisa menggunakan angkutan umum, gak masalah sedikit jalan kaki keluar komplek rumah. Ya, itung-itung olahraga.

Yang bisanya keluar uang Rp 25 ribu untuk ongkos, sekarang bisa lebih hemat, jadi Rp 10 ribu. Lumayan kan ada sisanya Rp 15 ribu.

3. Hindari membeli sesuatu yang spontan

Membeli sesuatu secara spontan yang dimaksud di sini adalah, kamu mengeluarkan uang untuk membeli jajanan di depan kampus, nongkrong, dan belanja di mal.

Sebenarnya sih gak ada salahnya jika dilakukan sesekali. Kalau dalam seminggu tiga sampai empat kali nongkrong di mal atau beli jajanan di depan kampus setiap hari, yang ada uang sakumu bakal habis, dan ujung-ujungnya minta lagi sama orangtua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *