Cara Mencegah Munculnya Kutu Beras

Membeli beras dalam jumlah yang banyak memang lebih tidak merepotkan. Karena kita tidak perlu bolak-balik ke supermarket untuk membeli nya kembali. Tidak hanya itu saja, biasanya membeli beras dalam volume yang besar akan lebih murah harganya. Tetapi dengan menyimpan banyak beras, ada resiko yang harus kamu hadapi juga yaitu potensi muncul nya kutu di dalam beras. Pasti kamu tidak mau kan itu terjadi? Oleh karena itu sebaiknya melakukan pencegahan daripada kita mencoba untuk memperbaikinya setelah kejadian. Beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mencegah munculnya kutu beras akan di bahas disini. 

Cara munculnya kutu beras dengan menyimpan beras di wadah yang tertutup

Mungkin hal ini dianggap sepele oleh banyak orang. Tetapi cara ini merupakan salah satu cara yang paling penting untuk menjaga kualitas beras tetap optimal. Dengan menyimpan beras di tempat dengan wadah yang tertutup maka kamu akan menjaga kualitas beras itu sendiri dari kelembaban dan kutu. Apabila kamu tidak melakukan ini, potensi munculnya jamur karena kadar air dalam beras bertambah akan merusak jumlah gizi yang terdapat di dalam beras. Oleh karena itu kamu disarankan untuk menyiapkan wadah yang cukup besar untuk menampung beras yang kamu miliki. 

Cara munculnya kutu beras dengan menyimpan beras di tempat yang kering

Menghindari tempat yang lembab untuk menyimpan beras adalah hal yang wajib. Seperti yang dikatakan di atas, dengan menghindari beras menjadi lembab maka jamur dan kutu tidak akan muncul. Oleh karena itu pilihlah tempat yang kering dan jauh dari hewan lainnya agar beras kamu kerap terjaga. 

Bersihkan wadah beras secara rutin

Ketika sudah mempunyai tempat atau wadah untuk menyimpan beras, alangkah baiknya ketika beras telah habis, kamu membersihkannya terlebih dahulu sebelum mengisi nya kembali. Hal ini dilakukan untuk mencegah bakteri atau kuman yang ada di wadah tersebut. Kamu juga dianjurkan untuk tidak menggabungkan beras lama dengan beras yang baru. Karena dipercaya apabila kamu menggabungkannya, makan potensi kutu beras akan muncul lebih tinggi. 

Beri daun salam atau daun jeruk

Dengan memberikan beberapa lembar daun salam ke dalam beras, maka beras kamu akan terhindar dari kutu beras. Untuk daun jeruk, kamu bisa menumbuk daun jeruk dan masukan ke beras kamu agar kutu beras tidak betah. 

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mencegah munculnya kutu beras. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kamu ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *