Cara Tepat Memilih Beras Merah yang Berkualitas

Tidak sedikit orang yang ingin hidupnya sehat dan bebas dari masalah kesehatan. Dan tidak sedikit orang juga beranggapan bahwa mengkonsumsi beras merah akan lebih bagus untuk kesehatan. Nah untuk kamu yang ingin mencoba beras merah, kamu sebaiknya mengetahui bagaimana cara memilih nya dengan benar dan tepat agar kamu tidak salah dalam memilih ya. Kamu juga bisa menemukan informasi tentang bagaimana cara menyimpan beras yang benar agar tidak terkena kutu. Berikut cara memilih beras merah yang benar dan tepat. 

Warna beras merah

Ketika memilih beras merah, kamu perlu memperhatikan warna dari beras tersebut. Beras merah memiliki warna merah bersih, dan jika kamu menemukan beras dengan warna kecoklatan atau seakan akan beras merah itu kotor sebaiknya kamu tidak menggunakan beras tersebut. Beras yang berubah warna bisa saja menimbulkan racun. 

Tanpa kulit

Kamu perlu memperhatikan apabila beras merah yang ingin kamu beli tersebut masih memiliki kulit atau tidak. Jika masih ada, maka disarankan agar kamu tidak membelinya. 

Bentuk panjang

Apabila diperhatikan dari bentuknya, beras merah akan terlihat lebih panjang. Dan jika kamu menyentuhnya, beras merah akan memiliki tekstur yang halus dan tidak mudah pecah. Kamu disarankan untuk memperhatikan hal ini, pilihlah beras merah yang memiliki ciri-ciri seperti yang baru saja dijelaskan. 

Cara memasak beras merah

Setelah kamu berhasil menentukan dengan tepat yang bagus, kamu sebaiknya juga mengetahui bagaimana cara agar kamu bisa memasak beras merah dengan cara yang benar.  Berikut cara yang bisa kamu ikuti. 

Ukuran air

Untuk ukuran air apabila kamu sering memasak beras putih maka takaran air yang dibutuhkan oleh beras merah akan jauh berbeda. Beras merah akan menyerap air lebih banyak, oleh karena itu sebaiknya kamu memperhatikan takaran air yang akan kamu gunakan. Untuk jumlah air yang digunakan, beras merah akan membutuhkan kurang lebih dua kali lipat air yang biasa kamu gunakan untuk memasak beras putih. 

Penyucian

Dalam hal pencucian, beras merah akan membutuhkan perlakuan yang khusus. Bagaimana cara yang benar? Gunakan air yang sedikit lalu gosokan dengan telapak tangan tapi tidak terlalu kencang. Setelah itu berikan air langsung dari keran dan ulangi proses ini sebanyak kurang lebih tiga kali.

Itu dia beberapa cara memilih beras merah dan bagaimana cara yang benar untuk menyiapkannya. Semoga informasi ini bisa kamu gunakan ketika kamu memilih beras merah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *