Ingin Wujudkan Tujuan Keuangan di Usia 30 Tahun? Inilah Tips-tipsnya

kirim-uang
Kirim Uang

Untuk kalian yang berusia 20 tahunan, udah saatnya nih bikin rencana buat mewujudkan tujuan keuangan. Semakin segera direncanakan, semakin cepat juga lho menjadi nyata tujuan tersebut. Apalagi jika tujuan tersebut harus tercapai di usia 30 tahun, mantap banget kan ?

Semua orang pastinya kepengin di usianya yang menginjak 30 tahun bisa bebas finansial. Mapan atau gaknya finansial seseorang tergantung dari tercapai atau gaknya tujuan-tujuan keuangannya.

Walaupun sudah mengerti tujuan keuangan menjadi faktor utama, banyak orang yang masih merasa bingung gimana merealisasikannya. Berikut adalah beberapa tips membuat tujuan keuangan menjadi nyata

1. Mulai dari menggambarkan visi

Visi menjadi penuntun ke mana kamu dalam mewujudkan setiap tujuan. Begitu pun dalam mewujudkan tujuan keuangan. Adanya visi itu diperlukan.

Karena itu, mulailah menentukan apa yang menjadi visimu. Misalnya aja kamu pengin memiliki uang Rp 1 miliar saat menginjak 30 tahun nanti. Keinginan tersebut bisa menjadi visimu dalam mencapai tujuan finansial.

2. Meningkatkan potensi diri

Kamu harus tahu apa yang menjadi potensi dirimu. Dengan mengetahuinya, kamu tahu apa yang perlu ditingkatkan agar bisa memberi manfaat buat dirimu.

Sebagai contoh kamu punya potensi sebagai dalam bidang komputer. Kamu terampil sekali kalau mengerjakan coding. Dengan menekuni dan mendalaminya lewat keikutsertaan kamu dalam seminar atau training, kemampuan bakal makin terasah.

Hal ini tentu aja menjadi daya jual kamu kalau melamar kerja nanti. Pastinya kamu bisa meminta gaji yang besar dengan mempertimbangkan kemampuanmu yang udah expert.  

Asal kalian tahu aja nih, mendapat gaji yang cukup besar bikin kamu berpeluan dalam merealisasikan tujuan keuangan. Makanya potensi yang kamu miliki tak perlu disia-siakan, tapi dikembangkan secara terus-menerus.

3. Mau ambil risiko demi keuntungan besar

Di balik risiko besar terdapat pula keuntungan yang besar. Begitu juga kalau kamu berinvestasi. Kamu bisa meraih keuntungan besar dengan bersedia ambil risikonya.

Investasi apa pun yang ditawarkan secara legal saat ini gak ada yang berisiko. Semakin besar keuntungan yang diperoleh, semakin besar pula risikonya.

Contohnya aja kamu berinvestasi saham. Investasi yang satu ini paling menguntungkan dibanding investasi-investasi yang lainnya. Return per tahunnya mencapai 20 persen. Lebih besar ketimbang kamu berinvestasi di deposito.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *