Ketahui 6 Tips Memilih Kacamata untuk Kamu Liburan

tips memilih kacamataMau liburan tapi bingung harus membawa perlengkapan apa yang kece? Yang paling penting adalah membawa kacamata! Fungsinya udah kamu rasain sendiri karena melindungi mata kamu di tengah siang bolong. Selain itu bisa menambah nilai keindahan tampilan kamu. Daripada bingung, lihat yuk tips memilih kacamata berikut ini.

Pilih UV Protection

Sinar ultra violet dari matahari akan merusak mata jika terkena langsung ke matamu. Tips memilih kacamata yang pertama adalah mencari dengan label UV 400 atau 100% UV Protection. Dengan tanda atau label tersebut pada bagian pojok atas lensa, akan memastikan mata kamu terlindungi dan terhalang dari sinar maatahari.

Jenis lensa

Tips memilih kacamata selanjutnya dengan memilih jenis lensanya yang memang biasa digunakan. Selain perlindungan dari UV, ada lensa polarized berguna untuk mengurangi silau akibat pantulan cahaya. Beberapa objyek seperti air, jalan dan obyek datar lainnya nggak akan kena mata deh kalau pilih lensa yang tepat.

Tujuan liburan

Destinasi liburanmu ke mana? Kalau pergi ke pantai, pegunungan atau ruang outdoor lainnya pakai lensa seperti di atas. Lensa tersebut nggak akan merubah warna obyek yang terlihat melalui kacamata tersebut. Kalau hanya jalan-jalan di dalam indoor nggak masalah menggunakan yang melindungi dari sinar UV.

Bentuk wajah

Nah, kalau bentuk wajah juga faktor penting sebagai tips memilih kacamata. Wajah dengan bentuk lonjong bisa memakai segala jenis kacamata. Untuk wajah bulat hindari kacamata yang juga berbentuk bulat, coba deh bentuk kotak. Sedangkan yang berwajah kotak, cocok banget pakai dengan bentuk cat eyes (mata kucing) atau aviator.

Jenis bahan kacamata

Bahan kacamata juga bisa dipertimbangkan sebelum membeli seperti material CR-39 dan Polycarbonate. Bahan kaca biasanya cenderung antigores, tetapi bisa membuat tak nyaman karena berat dan risiko cepat pecah. Untuk bahan CR-39 terbuat dari polimer plastik, sedangkan polycarbonate adalah lensa plastik, tipis dan ringan. Cocok untuk kamu yang ingin ke gunung atau tempat ekstrem lainnya.

Kondisi mata

Hal penting ini juga perlu kamu perhatikan. Perhatikan kondisi mata, bagaimana kemampuan mata kamu. Seperti rabun jau, dekat karena akab berpengaruh dalam pemilihan lensa. Jika semua sudah disesuaikan dengan baik, kamu bisa menemukan kacamata yang awet dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *