Ternyata Beberapa Pekerja Ini Punya Jenis Kacamata Khusus Saat Mereka Bekerja

jenis kacamataKacamata biasanya digunakan untuk melindungi mata dari sinar matahari yang terlalu terik. Tetapi juga bisa sebagai pelindung dari material berbahaya. Ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan kamu menggunakan kacamata. Hal tersebut wajib ditaati agar sang pekerja terhindar dari risiko keselamatan kerja. Ketahui selengkapnya di bawah ini.

1. Tukang Las

Mulai menyambung dan memotong bahan seperti baja dan besi menggunakan alat pemanas. Menggunakan suhu yang cukup tinggi, alat yang digunakan untuk mencairkan besi untuk mempermudah saat dipotong. Jenis kacamata las safety juga ada pilihan warna hitam dan bening. Berbahaya jika cairan panas mengenai tubuh terutama mata, maka sangat dianjurkan memakai kacamata bagi para tukang las.

2. Penambang

Pekerjaan menjadi seorang penambang, dimana mereka akan berada di kedalaman bumi. Risiko yang bisa mereka dapat adalah ketika bersentuhan dengan material berbahaya. Jenis kacamata yang digunakan biasa disebut Safety Goggles/Glasses (Kacamata Pengaman). Pekerjaan bagian pertambangan butuh ketelitian, sehingga mereka sangat membutuhkan alat pelindung.

3. Pekerja medis

Saat ini pekerja medis bukan hanya menggunakan alat-alat sederhana untuk membedah atau mengobati pasien. Alat berteknologi tinggi juga sudah banyak dipakai di dalam dunia medis, termasuk alat-alat menggunakan laser. Maka dari itu kacamata atau pelindung mata menjadi sangat vital dibutuhkan untuk pekerjaan medis ini.

4. Laboran

Pekerjaan di laboratorium merupakan salah satu tempat berisiko. Cairan atau bahan kimia bisa sangat berbahaya jika terkena kulit dan bagian tubuh secara langsung. Sudah banyak kasus yang terjadi pada beberapa orang yang tidak mengenakan pelindung. Mereka membutuhkan jenis kacamata khusus, terbagi menjadi 2 jenis, untuk Clear safety glasses digunakan agar melindungi dari percikan larutan kimia atau debu. Sedangkan clear safety goggles akan melindungi mata dari percikan bahan kimia atau reaksi kimia berbahaya.

5. Teknisi elektronik

Pekerja elektronik akan berhadapan langsung dengan benda elektromagnetik. Benda tersebut berisiko membuat matamu rusak dalam jangka waktu yang lama karena paparan radiasinya. Untuk itu pastikan gunakan pelindung ekstra jika akan terjun dalam bidang ini. Safety Spectacles, berbentuk seperti kacamata biasa dan hanya dapat melindungi dari bahaya loncatan benda tajam, debu, partikel-partikel kecil. Biasanya dipakai saat proses menyolder dan pemotongan kaki komponen.

6. Penyelam

Mereka yang selalu terpapar dengan air laut pun membutuhkan kacamata. Mata manusia tidak mampu bertahan lama di dalam air terutama di laut karena mengandung klorida. Sebagian dari kamu pasti merasakan mata terkadang terasa perih. Jenis kacamata yang ditawarkan beragam dan memiliki bentuk berbeda tergantung di tempat mana kamu menyelam. Daripada mata kamu jadi rusak, sebaiknya gunakan kacamata dulu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *