Tipe Pencuci Muka yang Sesuai Dengan Tipe Kulit

Jika ditanyakan apa sih kunci dari bebas jerawat ala-ala saya? Karena itu jawabnya ialah harus mendapati tipe pencuci muka yang sesuai dengan tipe kulit masing-masing orang.

Mengapa?

Sebab jika kita menyaksikan fakta paling besar kenapa berlangsungnya jerawat ialah sebab mampetnya pori-pori kulit hingga minyak alami yang ada dalam kulit tidak dapat keluar. Sebab menimbun dan mampet, karena itu terjadi jerawat.

Oleh karena itu sangat penting lakukan bersihkan muka untuk mengusung kotoran-kotoran yang ada di atas kulit. Lalu masihkah ada yang menyukai menanyakan, mengapa sih kok sudah bersihkan muka tetapi masih jerawatan.

Jawabnya kemungkinan ada dua:

  • Kamu membersihkan muka sering.
  • Kamu belum memakai tipe sabun muka yang sesuai kulit.

Untuk jawaban nomor 1 kelak kemungkinan saya terangkan lebih detail di tulisan terpisah. Tetapi yang dapat saya berikan saat ini ialah jangan sampai membersihkan muka lebih dari 2 kali dalam satu hari.

Sedang untuk jawaban nomor 2 berikut yang akan kita ulas di tulisan kesempatan ini.

Lika-liku pencarian pembersih wajah

Jika tarik ke belakang pertamanya kali saya memakai pencuci muka ialah waktu kelas 6 SD. Saat itu teman dekat saya telah memakai sabun pencuci muka dengan satu merk yang cukup populer. Tiada lakukan penelitian saya juga ikutan memakai produk yang dia gunakan.

Itu jugalah pertamanya kali saya alami jerawat. Entahlah benar-benar sebab hormon atau pure kekeliruan memakai sabun muka yang tidak tepat.

Semenjak itu saya sempat coba bermacam sabun muka. Terkadang ada yang pas, terkadang ada pula yang membuat jerawat lebih banyak.

Proses penelusuran pencuci muka ini pada akhirnya memaksakan saya untuk cari tahu semakin banyak mengenai produk-produk lainnya. Sampai pada akhirnya saya ketahui jika perlu memakai pencuci muka yang sesuai tipe kulit supaya produknya bekerja secara baik sama peranan.

Jenis pembersih wajah sesuai dengan tipe kulit

Secara secara singkat, untuk mendapati produk yang pas ialah mencari tipe pencuci muka yang sesuai tipe kulit.

Tipe kulit itu terbagi dalam kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit gabungan, dan ada kulit peka.

Langkah mengenali tipe kulit kelak akan dibuatkan tulisan terpisahnya ya.

Dari tipe kulit ini nanti akan tentukan tipe face wash apakah yang seharusnya kita pakai. Tentu saja kemudian kita dapat menimbang aspek lain seperti kandungnya, bahan aktifnya, claim-nya, harga, dan alasan yang lain.

Berikut tipe pencuci muka sesuai tipe kulit:

Pencuci muka – Foam Cleanser

Foam cleanser atau yang kerap dikatakan sebagai facial foam atau cleansing foam, atau bermacam nama yang lain. Cuman yang penting diingat di sini yaitu pemakaian kata “foam” yang bermakna busa.

tipe pencuci muka semacam ini umumnya awalannya ialah berupa cream. Tetapi sesudah dikasih air dan digosok perlahan-lahan dengan ke-2 tangan karena itu semakin lama akan membuat busa.

Menurut pengalaman saya dan sesudah baca-baca info skincare dari Jepang, rupanya busa yang lembut dan melambung besar itu yang dipakai untuk bersihkan muka. Langkah ini untuk menghindar gesekan di antara tangan dengan kulit muka.

Contoh tipe pencuci muka foam cleanser yang saya ketahui ialah Hada Labo Ultimate Moisturizing Face Wash dan Senka Perfect Whip.

Yang pas untuk memakai tipe pencuci muka ini pada intinya untuk seluruh tipe kulit. Mulai dari kering, normal, sampai berminyak. Namun semasing produk umumnya mempunyai claim dan bahan aktif spesifik. Hingga dapat dicocokkan dengan tipe kulit.

Pencuci muka menggunakan gel cleanser

Sesuai namanya, tipe pencuci muka ini tentu saja berupa cairan gel. Menurut pengalaman saya, memakai pencuci muka tipe gel ini sedikit hasilkan busa lembut. Umumnya busa yang dibuat ialah busa yang kecil-kecil.

Buat kulit kering saya, tipe gel ini bisa membuat kulit kesat. Oleh karena itu Gel Cleanser lebih pas untuk dipakai di kulit yang tipenya berminyak atau gabungan.

Tetapi penting diingat ya janganlah sampai kulit berminyak kamu ikut-ikutan kesat atau begitu kering waktu memakai tipe gel ini. Jika sampai berlangsung, seharusnya tukar pencuci mukamu.

***

Bila di atas ialah tipe pencuci muka pada keadaan muka tiada make up atau sunscreen. Karena itu berikut ini ialah tipe sabun muka yang dipakai selaku step pertama dari tingkatan double cleansing. Jadi pemakaiannya saat sebelum memakai sabun muka di atas.

Oil Cleanser

Rerata untuk menyaksikan seperti apakah wujud pencuci muka sudah nampak terang dari namanya. Sama dengan Oil Cleanser yang berarti mempunyai struktur seperti minyak.

Pemakaian Oil Cleanser ini juga sesungguhnya cukup ditempatkan pada tangan lalu diseka ke muka. Kemudian baru usap dengan kapas atau tissue. Dan kerjakan pembersihan step ke-2 dengan pencuci muka tipe di atas.

Antiknya waktu dibilas sama air, tipe pencuci muka ini umumnya berbeda struktur jadi cairan seputih susu. Oleh karena itu tak perlu cemas untuk memakai tipe pencuci ini untuk pemilik kulit berminyak. Sepanjang pemakaiannya pas, maka pas langkah kerjanya.

Cleansing Milk

Ini ialah tipe pencuci muka yang biasa dan terhitung pertamanya kali saya coba. Memiliki bentuk seperti cream yang pekat tetapi dapat diratakan ke muka dengan kapas.

Dahulu waktu dirias cocok ingin pesta acara, tentu saya terus memakai face wash tipe ini. Dan salah satunya produk sebagai unggulan saya ialah Viva Cleansing Milk.

Dapat disebut seluruh tipe kulit pun dapat memakai cleansing milk ini.

Micellar Water

Jika cleansing milk terhitung old school, karena itu saat ini ada Micellar Water yang menjadi pengembangan di dunia kecantikan sekarang ini.

Micellar Water ini hanya berbentuk cairan seperti air, tetapi baik mengusung kotoran minyak dan make up. Sangking praktisnya, Micellar Water ini sering menjadi unggulan saya untuk dibawa ketika pergi dan unggulan waktu kembali malas bersihkan muka dengan ritus yang panjang. Hehehehe.

Langkah memakainya cukup dengan hapus make up atau angkat kotoran dengan kapas dan micellar water. Seka terus-terusan sampai kotoran seluruh terangkat. Pas dipakai untuk semuanya tipe kulit.

Hingga saat ini Micellar Water unggulan saya masih Garnier Micellar Water.

Pencuci muka menggunakan cleansing balm

Antara pencuci muka di atas, Cleansing Balm ialah tipe pencuci muka yang barusan saya coba.

Saya coba memakai The Body Shop Chamomile Cleansing Balm belakangan ini dan rupanya senang sekali dengan teksturnya.

Jadi memiliki bentuk itu ibarat balsem yang keliatannya keras, tetapi waktu dicolek perlahan-lahan maka gampang diangkat. Waktu dioleskan ke muka, lama-lama ia akan berbeda teksturnya jadi seperti minyak.

Sesudah rata, saya mengambil kapas dan dibasahi lalu seka balm-nya sampai bersih. Dan disudahi dengan basuh sama air.

Rasa pertama sesudah di bikin bersih ialah kulit terasa lebih halus dan tentunya bersih. Untuk tipe makeup yang waterproof juga pas memakai face wash tipe ini.

Sebab dampaknya yang halus dan moisturizer, karena itu pemilik muka kering dapat coba tipe sabun muka ini.

Itu ia seluruh tipe-tipe face wash yang saya kenali dan pernah coba. Tidak perlu pusing dan hapalkan semua. Cukup cari info sabun muka yang sama tipe kulit lalu kerjakan penelitian produk apa yang mempunyai tipe semacam itu.

Sangat penting lakukan double cleansing di wajah yang kerap terkena kotoran, make up, dan gunakan sunscreen. Oleh karena itu saya anjurkan punyai dua tipe pencuci muka, untuk bersihkan muka tingkatan pertama dan ke-2 .

Selamat cari tipe pencuci muka yang sesuai tipe kulitmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *